UU Kehutanan di sini :
Home » , » Penggunaan Tisu dan Efeknya Terhadap Lingkungan Kita

Penggunaan Tisu dan Efeknya Terhadap Lingkungan Kita

Written By Cygnus on Sunday, November 10, 2013 | 8:46 PM

Tahukah Anda bahwa kehidupan kita dikelilingi oleh berbagai hal yang dapat meruntuhkan lingkungan kehidupan kita sendiri.
Misalnya adalah kebiasaan kita menggunakan plastik, tisu, kendaraan bermotor dan lain sebagainya.
Sorotan utama dalam artikel kali ini adalah penggunaan tisu sebagai salah satu bagian kehidupan manusia modern yang tidak dapat dipandang sebelah mata sebagai yang menyebabkan kerusakan lingkungan, dalam hal ini adalah keterancaman hutan.
Tisu terbuat dari pulp, pulp sendiri terbuat dari chip kayu yang telah melalui proses kimia.

Hitungan sederhana akibat dari penggunaan tisu adalah sebagai berikut:
Jika jumlah penduduk Indonesia 350 juta orang dan setiap satu harinya 1 orang menggunakan ½ gulung kertas tisu Artinya penggunaan kertas tisu bisa mencapai 175 juta gulung tisu per hari, berarti per bulan nya pemakaian tisu di indonesia mencapai 5,25 milyar gulung.
Bila berat kertas tissu itu 1 gulung mencapai ¼ kg, maka 5,25 milyar dihasilkan angka kira-kira 1,3 miliar kg setara dengan 1,3 juta Ton tisu. Bila untuk menghasilkan 1 ton pulp diperlukan 5 m3 kayu bulat, dengan asumsi kayu bulat 120 m3 per hektar maka penebangan hutan untuk pembuatan tisu saja mencapai ratusan ribu hektar setiap bulannya.
Oleh karena itu, marilah kita lebih bijak dalam menggunakan tisu. Dengan menggunakan tisu lebih bijak kita telah membantu kelestarian hutan Indonesia.
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kabar Kehutanan Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger