UU Kehutanan di sini :
Home » , » Heart of Borneo

Heart of Borneo

Written By Cygnus on Friday, November 8, 2013 | 4:02 PM

Apakah Anda tahu Heart of Borneo?

Heart of Borneo adalah daerah konservasi di pulau Kalimantan yang merupakan hasil deklarasi 3 negara yaitu Indonesia, Brunei Darussalam dan Malaysia.

Deklarasi Heart of Borneo ditandatangani oleh 3 negara pada Februari 2007. HoB sangat penting karena bertujuan untuk menyatukan visi konservasi kawasan di pulau Kalimantan.

HoB meliputi 22 juta ha kawasan hutan hujan tropis di pulau Kalimantan. Biodiversitas dan cultural diversity yang tinggi merupakan tantangan tersendiri.Daerah Kalimantan yang masuk wilayah Indonesia saja mempunyai 142 bahasa berbeda dan masih digunakan sampai saat ini. Selain itu pulau Kalimantan merupakan satu-satunya tempat di dunia di mana monyet, orang utan, gajah, badak, dan harimau abu-abu (Clouded leopard) berada dalam satu wilayah.

Perjanjian Heart of Borneo terasa unik karena merupakan hasil kerjasama dalam hal konservasi dan kelestarian dari 3 negara yang berbeda. Tentunya hal ini memperkuat jalinan Indonesia dengan Malaysia dan Brunei, terutama dalam bisnis kehutanan kayu maupun non-kayu.
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kabar Kehutanan Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger