UU Kehutanan di sini :
Home » » Perdebatan Antara Kehutanan dan Energi Indonesia (Biofuel)

Perdebatan Antara Kehutanan dan Energi Indonesia (Biofuel)

Written By Cygnus on Saturday, November 2, 2013 | 1:19 PM

Indonesia merupakan salah satu negara berkembang dengan tingkat konsumsi energi yang tinggi. Saat ini cadangan minyak bumi Indonesia diperkirakan hanya bertahan 15 th. Cadangan minyak Indonesia cenderung menurun. Saat ini cadangan minyak bumi Indonesia hanya pada level 4,2 miliar barel atau hanya 0,3 persen dari cadangan dunia(investor.co.id).

Kebutuhan/konsumsi bahan bakar minyak (bbm) nasional yang saat ini sudah diatas 1,2 juta barel per hari dan kemampuan kilang domestik hanya 700 ribu barel per hari, maka sisa kebutuhan bbm masih harus diimpor. Bayangkan saja apabila negara sebesar Indonesia harus kekurangan energi, apakah yang akan terjadi. Sedangkan tingkat kesiapan Indonesia dalam membangun energi nuklir tidak bisa terealisasi karena banyak penolakan dari berbagai pihak.

Menyikapi hal tersebut diperlukan adanya pembaruan pemikiran dengan beralih pada energi terbarukan dengan mengoptimalkan sumber daya alam hayati. Biofuel adalah opsi terbaik pemerintah untuk menggenjot energi Indonesia di masa yang akan datang.

Kehutanan dan pertanian yang notabene sebagai "penguasa" hayati Indonesia perlu mengupayakan pemberdayaan biofuel. Kesiapan pengolahan sampai pendistribusian saat ini belum terlihat secara nyata.

Memang, banyak perdebatan bila nantinya Indonesia mengadopsi biofuel sebagai energi utama penopang negara. Dari sudut pandang kehutanan, biofuel dapat menekan dunia kehutanan. Hal ini disebabkan bakal adanya deforestasi dengan pembukaan lahan untuk perkembangan biofuel. Dari sudut pandang pertanian, biofuel dapat menekan tanaman pangan dengan adanya produk biofuel dari bahan sorgum, jagung maupun gandum.

Bagaimana menurut Anda? Perlukah adanya gerakan biofuel di Indonesia untuk menyelamatkan energi Indonesia?

Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kabar Kehutanan Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger